Kasus Covid-19 Secara Global Meningkat, Kemenkes Ingatkan Waspada

- Ahad, 21 November 2021, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAKARTA , SJBNEWS.CO.ID - Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, secara global kasus virus corona (Covid-19) kembali meningkat.

Secara global, total kasus Covid-19 saat ini mencapai lebih dari 249 juta dengan kematian lebih 5 juta jiwa.Peningkatan kasus terutama di regional Eropa 7 persen peningkatan kasus, 10 persen peningkatan kematian,” ujar Maxi dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Menurutnya, negara dengan lonjakan kasus tertinggi adalah Amerika Serikat, Inggris, Turki, dan Jerman. Dari lonjakan kasus itu, varian delta mendominasi yaitu 99.64 dari total sekuensing yang dilakukan 60 hari terakhir.

Padahal angka vaksinasi di negara-negara tersebut sudah tinggi. “Vaksin yang tinggi tidak jaminan, mesti didukung perubahan perilaku terhadap protokol kesehatan,” tuturnya.

Maxi menyebut, situasi pandemi Indonesia saat ini relatif terkendali. Namun, ia mengingatkan kenaikan kasus Covid-19 secara global maupun di Tanah Air di daerah-daerah serta adanya subvarian AY 4.2 harus diwaspadai.

Dia menegaskan, strategi penanggulangan harus tetap dipertahankan yakni 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3 (testing, tracing, dan treatment) agar situasi pandemi tetap terkendali.

Mempertahankan testing tetap tinggi melalui active dan passive case finding. Kemudian dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan PCR di kabupaten/ kota. Maxi menyebutkan, luas wilayah Indonesia menjadi kerentanan tersendiri dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.

Di Indonesia terdapat 35 Bandara dengan akses langsung ke Luar Negeri, yakni Asia, Australia, dan Eropa. Kemudian terdapat 135 pelabuhan laut juga dengan akses langsung ke luar Negeri.

Bahkan Indonesia juga memiliki 10 Perlintasan Lintas Darat Batas Negara (PLBDN) dengan Papua Nugini, Timor Leste, dan Malaysia. (RED/PEN)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X