Mal Pelayanan Publik Kota Jambi Segera Beroperasi, Layani 115 Perizinan

- Rabu, 22 Desember 2021, 12:00 AM
Keterangan Foto

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi semakin dekat dioperasikan untuk melayani masyarakat.

Hal itu mengemuka saat Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, sambut visitasi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Diah Natalisa terkait operasionalisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi (21/12).

Dalam kunjungannya, Diah tidak hanya memberikan arahan kepada jajaran Pemkot Jambi, namun juga meninjau secara langsung kondisi bangunan pelayanan publik perdana di Jambi tersebut.

Diah menyampaikan bahwa agar pembangunan MPP mampu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan harapan dan dinamika kebutuhan yang semakin kompleks.

Tidak hanya itu, MPP Kota Jambi diharapkan pula bisa memunculkan kearifan lokal sebagai ciri khas daerah.

Diah juga berpesan agar MPP Kota Jmbi menambahkan layanan drive thru, serta tidak mengesampingkan penyediaan sarana prasarana bagi kelompok rentan dan disabilitas.

Berdiri diatas lahan 3000 meter persegi, bangunan kokoh 3 lantai MPP Kota Jambi akan segera beroperasi mendekatkan berbagai pelayanan publik bagi masyarakat perkotaan.

Total terdapat 115 jenis pelayanan publik yang terdiri dari 21 intansi vertikal dan daerah, seperti layanan perpajakan, perbankan, pembuatan SIM, SKCK, paspor, pertanahan, BPJS, pengadaan barang/jasa, KTP, dan lainnya.

Pembangunan MPP Kota Jambi sendiri merupakan bukti komitmen kuat dari Wali Kota Jambi dalam upaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kota Jambi, selain sebagai wujud implementasi reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Sebelumnya, Wali Kota Fasha, telah melakukan penandatanganan komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, bertempat di Jakarta pada awal Maret 2021 lalu.

Penandatanganan ini menjadi komitmen awal dibangunnya MPP di masing-masing daerah, yang akan mempermudah perizinan masyarakat dan meningkatkan ekonomi nasional.

Pembangunan MPP sendiri merupakan salah satu strategi pemerintah Kota Jambi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan dan adaptif dengan perkembangan teknologi informasi, serta dengan pengelolaan MPP yang dilakukan secara terpadu dan terintegrasi, dalam menyediakan layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Dengan berdirinya MPP Kota Jambi, masyarakat tidak perlu repot lagi untuk mengurus banyak hal dilokasi yang berbeda, karena di MPP, urusan layanan administrasi hingga perizinan berusaha, bisa dilakukan dalam satu tempat.

“Tujuan dibuatnya Mal Pelayanan Publik adalah untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Layanan yang profesional, pasti, cepat dan efisiensi waktu. Berbagai jenis layanan publik akan dilayani di satu tempat, dengan konsep one stop service. Semoga Mal Pelayanan Publik ini menjawab harapan masyarakat selama ini, yaitu memutus dan mempersingkat birokrasi layanan yang selama ini mungkin dikeluhkan oleh masyarakat,” pungkas Wali Kota Fasha. (DIS)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X