Pemda BatangHari Bersilaturahmi dengan Pemangku Adat Se-Kabupaten Batang Hari

- Rabu, 08 Mei 2024, 02:59 PM

BATANGHARI SJBNEWS.CO.ID - Bertempat di Serambi Rumah Dinas Bupati Batang Hari, Muhd. Fadhil Arief. SE. (Bupati) dan H. Bahktiar. Sp (Wakil Bupati) ,melakukan acara Halal Bil Halal Bersama para pemangku Adat se Kabupaten Batang Hari, Senin, 06 Mei 2024.

Dalam sambutan nya, M. fadhil. Arief berpesan khusnya kepada pemangku dan pengurus Lembaga Adat Daerah (LAD), agar dapat selalu menjaga Marwah dan tetap menjadi tauladan di wilayah masing-masing, Karena selaku pemangku adat adalah Contoh dan panutan di masyarakat", Tambahnya. 

"Di era Globalisasi dan Digitalisasi kita dituntut agar mampu menyesuaikan dengan keadaan, dan tidak keluar dari syariat dengan Motto adat bersendi syarak, syarak bersendikan kitabullah", lanjutnya. "Pemerintah dan Lembaga Adat Daerah berupaya melakukan penguatan dan pemahaman hukum adat di Bumi Serentak Bah Regam ini, kepada kawula muda dan masyarakat dengan cara melakukan pelatihan adat", lanjut Fadhil. 

Dalam acara Halal Bilhalal ini, turut hadir Ketua LAD Batang Hari ( H.Drs.Fathuddin Abdi), Pengurus LAD se Batang Hari, Pengurus LAD Per Kecamatan dan Pengurus LAD Per Kelurahan dan Per Desa, Sekjen LAD ( Dr. Sumantri), Sekda ( M. Azan) Para OPD, Camat sebatang Hari, Ketua MUI Batang Hari, Kadis Kominfo Batang Hari ( Amir Hamzah). Ketua LAD Batang Hari, Fathudin Abdi dalam sambutannya, memohon maaf dari tingkat Kabupaten, Kecamatan Hingga Kelurahan/Desa Kepada Bupati Batang Hari sebagai Adipati Cahayo Negeri, pemimpin di negeri Serentak Bak Regam Kabupaten Batang Hari.

"Pepata mengatakan, macam burung balam dengan ketitir, angguk samo tapi bunyinya lain lain. Kita tidak inginkan pengurus adat di Batang Hari macam iko " Kata ketua LAD Kabupaten Batang Hari. "Ada harapan di masyarakat adat, agar jadi Rajo di negeri sendiri. Sebelum penjajah datang, adat sudah ada. Adat ada di Desa, di Kampung, bukan di Kota. Namun saat ini, banyak ditemukan,adat tidak dipandang lagi. Karena itu, para tetuah lembaga adat, nampakkan tua mu, dengan menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat. Jangan pakai celana pendek ditempat umum, berunding sepanjang jalan ,jangan lamo tegak di laman," Tutur nya. 

Dalam pertemuan silaturahmi dan Halal Bil halal ini banyak dibahas, salah satu ada ungkapan upaya pemda yang akan menaikkan insentif bagi pengurus adat. 

"Adat Batang Hari haruslah dapat dipahami generasi muda Batang Hari. Untuk itu di Diknas, diselaraskan sebagai mata pelajaran muatan lokal. Para tokoh adat di kelurahan dan desa, dapat kiranya membudayakan adat di wilayah masing masing", Pesan Bupati Batang Hari. (Edward Sirait)


Tags

Berita Terkait

X