PJ Bupati Kerinci Pastikan Pemkab Kerinci Dan Basarnas Terus Tangani Korban Longsor Dan Banjir Dibatang Marao

- Rabu, 17 April 2024, 02:28 PM

KERINCI, SJBNEWS.CO.ID – Pj Bupati Kerinci Asraf memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah berkoordinasi untuk menangani korban tanah longsor yang hanyut ke Sungai Batang Merao, Senin (01/01/24).

Asraf mengatakan, ia telah menerima laporan tentang peristiwa tersebut. la juga menyampaikan keluarga korban. belasungkawa kepada

"Kami sudah koordinasi dengan Basarnas dan sekarang sedang bergerak ke lokasi kejadian. Kami berharap korban bisa segera ditemukan dan dievakuasi," ujar Asraf kepada bekabar.id, Senin malam. (01/01/24)

Menurut Asraf, korban adalah seorang laki- laki dewasa yang sedang mengendarai sepeda motor. Identitas lengkap korban belum diketahui. la mengaku belum mengetahui penyebab pasti kronologis kejadian tersebut.

"Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari tim di lapangan. Kami juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana alam, terutama di musim hujan ini," tutur Asraf.

Diketahui sebelumnya, beredar video yang menunjukkan detik-detik seorang pengendara motor terseret oleh tanah longsor dan jatuh ke Sungai Batang Merao. Peristiwa itu terjadi di jalan perbatasan antara Lubuk Nagodang dengan Siulak Deras.

ini petugas masih berupaya Saat membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Diberitakan sebelumnya, bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh nampaknya semakin mengganas. Selain merendam ratusan rumah di berbagai kecamatan, kali ini dikabarkan sudah memakan korban.

Informasi yang beredar, seorang pengendara motor yang melewati jalan di lokasi longsor antara Lubuk Nagodang dan Siulak Deras terseret longsor dan kemudian hanyut ke sungai Batang Merao beserta sepeda motornya.

Pada postingan akun Facebook atas nama DjNiks pada Senin (01/01/23) sekira pukul 19:00 WIB peristiwa naas itu terjadi pada pukul 18:30 WIB.

Camat Gunung Kerinci Rifdi, S.Sos, M.Si kepada bekabar.id membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat ini sedang dilakukan pencarian terhadap korban. "Iya benar, sedang dalam pencarian," ujarnya, Senin (01/01/24).

Untuk identitas korban, Rifdi meyebutkan belum mengetahuinya. Dia juga berharap korban bisa cepat ditemukan dan dalam keadaan sehat Wal Afiat. "Untuk perkembangan nanti kita informasikan," kata dia.

Rifdi mengaku saat ini juga terjebak longsor dan masih berada di kantor Camat Gunung Kerinci. "Kebetulan saya di kantor camat ngecek longsor di Siulak Deras. Saya belum bisa pulang ke rumah arah hilir karena ada longsor baru. Sekarang masih menunggu alat berat datang," ucapnya.

Kendatu demikian, Rifdi menyampaikan pesan penting kepada seluruh warga di musim banjir dan tanah longsor. Dalam situasi ini, Rifdi mengajak warga untuk tetap waspada dan siaga menghadapi ancaman bencana alam. (*)


Tags

Berita Terkait

X