PJ Bupati Saksikan Simulasi Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara Pada Pemilu Serentak

- Rabu, 17 April 2024, 02:42 PM

KERINCI, SJBNEWS.CO.ID – Asiseten Satu Pemerintahan Sekda Kerinci Dra. Linda Martiani.MM mewakili Penjabat Bupati Kerinci Asraf.S.Pt.M.Si menyaksikan simulasi Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara Pada Pemilihan Umum Serentak Tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Simulasi itu diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci yang berlangsung di Grend Hotel Kerinci,Selasa ( 30/01/2024) diikuti oleh wartawan liputan Kerinci dan Kota Sungai Penuh dan Anggota Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sekitar 150 Orang.

’Pada Acara simulasi itu, juga disaksikan juga oleh Forkopimda, dimana para peserta dan panita pelaksana di pemungutan suara di TPS, diperagaan pencoblosan oleh anggota PPK.

‘’Pada simulasi peragaan pemilihan, anggota PPK menerima lima surat suara yakni untuk pemilihan Presiden dan Wakil, kertas suara warna abu-abu, Pemilihan Anggota DPD RI, Kertas suara warna Kuning, untuk anggota DPR RI, warna kertas sura warna merah dan untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi warna kertas suara warna biru dan pemilihan Anggota DPRD kabupaten/kota warna surat suarannya warna Hijau.

Dikeseptan tersebut Penjabat Bupati Kerinci Asraf, Spt.M.Si dalam arahannya yang disampaikan oleh Asisten Satu Pemerintahan Sekda Kerinci Drs.Linda Martiani,MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas terselenggaranya simulasi pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan umum serentak tanggal 14 Februari 2024 mendatang yang digelar KPU Kabupaten Kerinci.

“Kita berharap dengan diadakan simulasi ini, tidak ada lagi permasalahan dan keterlambatan pemungutan dan perhitungan suara pada pelaksanaan demokrasi di daerah Kabupaten Kerinci, karena sebagai kita ketahui Desa-Desa dalam wilayah Kabupaten Kerinci, sangat mudah terjangkau. Kecuali ada beberapa Desa yang berada di Renah Pementik.

‘’Untuk itu kepada semua petugas penyelenggaraan pemilu kami minta supaya dapat memanfaatkan simulasi ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan permasalahan yang lalu sebagai Pelajaran berarti, agar tidak terulang Kembali,”ujarnya

Penjabat Bupati Melalui asisten satu Pemerintahan Sekda Kerinci, juga mengajak kepada seluruh, Awak media liputan Kabupaten Kerinci Dan Kota Sungai Penuh, untuk membantu sosialisaikan dan menciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 damai.’’Jelasnya

‘’Juga kita harapkan peran serta para jurnalsi untuk menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kerinci mengunakan hak pilihnya pada Pemilihan umum serentak pada hari H tanggal 14 Februari 2024 dan mari kita sambut pesta demokrasi ini dengan rasa riang gemberia, ya namanya pesta maka harus kita sambut dengan gembira,”ajak Penjabat Bupati.

“Sementara Ketua KPU Kerinci Era Husin Irham, mengatakan Hari ini kita melakukan simulasi, mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS nanti,” kata Ketua KPU Husin

Kemudian, sambungnya, simulasi ditujukan untuk mengevaluasi apa saja kendala yang akan timbul ketika hari pemungutan suara dilakukan.

“Kami sebagai penyelenggara membutuhkan sinergitas dengan lembaga atau instansi terkait agar proses pemungutan hingga perhitungan suara berjalan dengan baik. Untuk logistik lagi proses. Kami berharap agar peserta simulasi bisa meneruskan informasi bagaimana tata cara penyalurah hak suara kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ungkapnya.

Husin Irham, mengungkapkan demokrasi yang berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, pemimpin yang berkualitas akan mendapatkan pembangunan yang berkualitas, untuk itu ia meminta masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS pada hari pencoblosan demi terwujudnya demokrasi berkualitas.

Sementara itu Ketua Banwaslu Kerinci, turut mengucapkan terima kasih dan apreasiasi kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci telah melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan umum 2024.

“Kita juga berharap dengan simulasi ini tidak lagi para petugas penyelenggarakan pemilu, yang tidak paham atau tidak mengerti peraturan, karena hari ini sudah dilakukan sosialiasi atau simulasi. Kita inginkan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan umum 2024 nanti berjalan dengan lancer dan tidak masalah berarti,”pungkasnya. (*)


Tags

Berita Terkait

X