BERANDA POLITIK FOCUS PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN COVID-19
MENU
REDAKSI SJBNews PEDOMAN MEDIA SIBER ADMIN
Pengunjung: 601699
SJBNews / FOCUS / Detail Berita
Minggu, 29 September 2019, 22:36 WIB 9312 x baca
15 Tempat Wisata Jambi Terkeren & Terhits Yang Wajib di Kunjungi


Foto : 15 Tempat Wisata Jambi Terkeren & Terhits Yang Wajib di Kunjungi


INFORMASI, SJBNews - Jambi adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera, Secara geografis, Provinsi Jambi terletak di antara 0,45° – 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10° – 104,55° Bujur Timur.

Jambi berasal dari kata ‘Jambe’ dalam bahasa Jawa yang berarti ‘Pinang’. Luas Wilayah Provinsi Jambi adalah 50.058,16 km2 dengan jumlah penduduknya sebanyak 3.406.178 jiwa, Ibukota Provinsi Jambi adalah Kota Jambi.

Jambi memiliki objek wisata yang menarik dan terhits yang wajib di kunjungi, karena itu SJBNews akan menyajikan 15 Tempat Wisata Kota Jambi Terkeren & Terhits Yang Wajib di Kunjungi.

1. Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, menjadi salah satu Ikon dan kebanggan Kota Jambi, dengan konsep Waterfront City Park yang siap menyambut warga masyarakat lokal maupun wisatawan dari wilayah lain untuk datang dan menikmati kekayaan nilai religi, budaya dan kuliner khas Kota Jambi | Gentala Arasy, di penggal dari 3 suku kata Genta berarti suara, Tala ; Keselarasan dan Arasy yaitu Memancar ke langit. banyak juga yang beranggapan bahwa “Gentala Arasy” adalah singkatan dari “Gena Tanah Lahir Abdurahman Sayuti”, dan Abdurahman Sayuti adalah mantan Gubernur Jambi periode 1989— 1999. Jembatan Gentala Arasy adalah Jembatan penghubung kota jambi menuju seberang Kota Jambi, secara fisik Jembatan Gentala Arasy berbentuk seperti huruf S. Jembatan ini dibangun dengan konsep konstruksi cable stayed/kabel penahan yang ditopang oleh 2 buah tiang pancang setinggi 60 meter, sengaja didesain khusus untuk kepentingan para pejalan kaki dengan panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter. Menara Gentala Arasy adalah museum budaya yang tingginya sekitar 70 meter dengan corak arsitektur Islam. 

Lokasi : Kasang, Kec. Jambi Tim, Kota Jambi, Jambi  36123

2. Jambi Paradise | Jambi Paradise merupakan destinasi wisata alam dan salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk wisata keluarga yang menawarkan berbagai keindahan alam. Mulai dari bermain petak umpet di zona labirin, miniatur kapal pesiar, bermain boat/perahu, memberi makan ikan, sepeda air, wahana balon, jembatan gantung dan flying fox,

Lokasi : Simpang Acai - Talang Belido, Desa Kebon IX Kabupaten Muaro Jambi

3. Danau Sipin (Sipin Lake)Kawasan Danau Sipin memiliki panjang sekitar 4.500 meter dan lebar rata-rata sekitar 300 meter lebih dengan kedalaman danau 2-6 meter. Dikalangan masyarakat jambi Danau Sipin atau yang dikenal saat ini Sipin Lake, tidak asing lagi, pasalnya danau tersebut memang sudah ada sejak dulu, yang kini telah di sulap oleh Pemerintah Kota menjadi objek wisata yang menarik, dengan adanya spot foto yang unik. Ada 7 spot foto di antaranya pintu langit, sayap malaikat, teratai cinta, perahu layar, kupu-kupu, bulan sabit dan jembatan cinta.

Lokasi : Jalan Slamet Riyadi RT 20 RW 06 Kel. Legok Kec. Danau Sipin Telanaipura Kota Jambi

4. Tugu Keris Siginjai dan Taman Jomblo |  Tugu Keris Siginjai adalah salah satu ikon dan salah satu tujuan wisata yang ada di Kota Jambi. Letaknya persis di bundaran kompleks perkantoran pemerintah kota Jambi. Tugu Keris Siginjai berdekatan dengan area Taman Jomblo (Jambi Orang Melayu Bangkit Lebih Optimis). Kawasan  ini menjadi pusat keramaian, misalkan Pemerintah Kota mengadakan Kegiatan Car Free Day yang rutin dilaksanakan setiap minggu pagi. Di sepanjang jalan taman juga banyak pedagang makanan maupun minuman yang menjajakan dagangannya.

Lokasi : Kotabaru Jambi

5. Taman Arena Remaja | Taman Arena Remaja merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Kota Baru jambi. Mempunyai luas lahan kurang lebih 2 Ha, memiliki fasilitas area parkir yang luas, memiliki panggung hiburan yang setiap akhir pekan digunakan untuk menggelar berbagai seni budaya dari sejumlah kecamatan di Kota Jambi. Fasilitas lainnya yang ada di Taman ini, seperti bermain ayunan, spot olahraga, arena permainan anak dan bermain sepeda yang disewakan oleh warga di sekitar taman. Di Area depan dimanfaatkan para pedagang menjual dagangannya.

Lokasi : Jl. H. Agus Salim Kotabaru Jambi

6. Taman Wisata Kampoeng RadjaKampoeng Radja memiliki luas areal kurang lebih 8 Ha, wahana yang tersedia antara lain : Sepeda Air, Kiddy Land, bumper boat, jasmine water park, water boom, mobil listrik go cart, kereta api mini, wahana air shoft gun, pemancingan, serta bebek kayuh. Taman ini merupakan tempat rekreasi keluarga, karena seluruh wahana maupun fasilitas dapat dinikmati oleh seluruh kalangan; mulai anak – anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut.

Lokasi : Jalan Lingkar Barat no 108, Kenali Besar, Simpang Rimbo.

7. Taman Rimba Zoo Jambi | Taman Rimba Zoo Jambi adalah salah satu objek wisata dengan luas 10 Ha, yang terletak tengah-tengah kota atau hanya sekitar 500 meter dari Bandar Udara Sulthan Thaha Syaifuddin. Pengunjung dapat menikmati liburan dengan keindahan satwa serta tempat wahana edukasi. Taman ini berisi hewan langka, layaknya kebun binatang di tempat lain, beragam spesies binatang, contohnya terdapat seekor beruang hitam, gajah, harimau sumatera, buaya, ular, kura-kura, orang utan, kuda poni dan berbagai reptile dan burung lainnya. Di area taman ini menghadirkan miniatur budaya yang ada di provinsi ini yang menampilkan replika bangunan khas daerah. 

Lokasi : Jalan Sunaryo Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi

8. Taman Tanggo Rajo (Ancol Jambi) ' Dengan kawasan wisata di tepi Sungai Batanghari yang terpanjang di Sumatera ini menawarkan wisata pemandangan serta bermacam aneka kuliner dilengkapi dengan aneka jajanan khas daerah Jambi. Taman wisata ini yang terkenal dengan sebutan ‘Ancol’ nya kota Jambi ini berada ditengah-tengah kota Jambi. Lebih tepatnya, setelah pasar Angso Duo Jambi yang juga merupakan pasar terbesar di sumatera bagian selatan.

Lokasi : Jl. Sultan Thaha No.15 Kasang Kec. Jambi Timur Kota Jambi

9. Taman Tugu Juang | Taman Tugu Juang memiliki gemerlip lampu taman dan air mancur yang bisa menari.

Lokasi : Jl. HOS. Cokroaminoto No.4 Selamat Kec. Telanaipura Kota Jambi

10. Taman Anggrek Sri Sudewi Objek wisata yang satu ini sangat di rekomendasikan, menyajikan banyak tanaman anggrek dalam luasan lahan sekitar 2 ha. Taman ini juga memiliki jembatan layang / jembatan pedestrian yang menjadikan daya tarik pengunjung bisa jalan jalan diatasnya sambil melihat pemandangan dibawah yang terdapat banyak tanaman anggrek.

Lokasi : Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura kota Jambi.

11. Museum Perjuangan Rakyat Jambi Museum Perjuangan Rakyat Jambi merupakan tempat terhimpunnya berbagai kelengkapan para Pejuang Rakyat Jambi, sebagai monumen dalam mengenang Sejarah Perjuangan Rakyat Jambi semasa pergerakan nasional dan kemerdekaan Indonesia. Koleksi museum sebagian besar merupakan benda-benda yang terkait dengan tinggalan masa perjuangan rakyat Jambi. Salah satu koleksi bersejarah adalah replika Pesawat Terbang Catalina RI 005 yang dipajang di halaman museum

Lokasi : Jl. Sultan Agung Lap. Banteng No.12, Murni, Kec. Telanaipura, Kota Jambi

12. Museum Siginjai Jambi "diresmikan pada tanggal 6 Juni 1988 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof.DR. Fuad Hassan. Peresmian ditandai dengan penandatangani prasasti. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah, benda seni tradisi serta sejumlah instalasi edukasi pewarisan budaya lainya.

Lokasi : Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kota Jambi.

13. Taman Kongkow Kota Jambi " Taman yang dibangun diatas areal seluas hampir mencapai 1 hektar , memiliki fasilitas bangunan panggung, area bermain anak – anak dan saung yang digunakan untuk bersantai.

Lokasi : Paal Lima Kota Baru Kota Jambi

14. Taman Hutan Kota Muhammad Sabki Mayang Kota JambiTaman hutan Kota Muhammad Sabki atau sering disebut hutan Kota Jambi merupakan sebuah taman rekreasi dan dilengkapi dengan adanya fasilitas outbond, cocok untuk area berkumpul melaksanakan kegiatan.

Lokasi : Kenali Asam Bawah Kota Jambi

15. Taman Hutan Pinus PAL X " Taman Hutan Pinus memiliki luas area 10,5 hektar, mulanya pada tahun 1964 untuk pohon gaharu, bulian, sungkai, mahoni dan pinus, akan etapi karena pohon Pinus yang lebih dominan maka taman ini dikenal dengan nama Hutan Pinus.

Lokasi : KM 11 Kenali Asam Bawah

PENULIS : ARIF OGIE

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
0%
Terhibur
0%
Terinspirasi
0%
Bangga
0%
Terkejut
0%
Sedih
0%
Takut
0%
Marah
0%