Mengenal Tradisi Pesta Gotilon di Gereja HKBP

- Jumat, 29 September 2023, 06:56 PM

JAMBI. SJBNEWS.CO.ID - Huria Kristen Batak Protestan atau HKBP merupakan salah satu gereja berbasis kesukuan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Jumlah jemaatnya yang tersebar di seluruh Tanah Air diperkirakan mencapai 4,5 juta jiwa, Gereja HKBP saat ini dipimpin oleh Ephorus Pdt Dr Robinson Butar-butar.

Pesta Gotilon yang diadakan di Gereja HKBP adalah tradisi perayaan pasca panen sebagai ungkapan syukur atas segala berkat Tuhan yang diterima dalam kehidupan selama satu tahun.

Pesta gotilon juga tak jarang kita dengar dan saksikan dilakukan oleh ruas atau jemaat gereja HKBP.

Selain membawa hasil panen berupa beras, buah, makanan aneka kuliner, terlihat juga peran serta anak-anak, remaja dan pemuda-pemudi yang mengikuti acara ibadah, tortor, dan pengumpulan partisipasi untuk pembangunan.

Salah satu gereja HKBP yang akan mengadakan Pesta Gotilon pada Minggu 8 Oktober 2023 adalah Gereja HKBP Jambi, Ressort Jambi, Distrik XXV Jambi.

Segala persiapan dalam menyambut pelaksanaan acara tersebut telah dari jauh hari dipersiapkan oleh panitia beserta seluruh seksi-seksi yang berperan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan bersama.

Pesta Gotilon yang akan diadakan di Gereja HKBP Jambi adalah sebagai ungkapan syukur atas segala berkat Tuhan yang diterima dalam kehidupan.

Ucapan syukur akan disampaikan dalam bentuk persembahan atau silua hasil panen yang diberikan dalam bentuk berupa uang melalui amplop pesta gotilon yang telah dibagikan kepada seluruh jemaat.

Selanjutnya Persembahan atau silua akan dihantarkan ke depan Altar pada saat ibadah minggu yang dirangkai dengan pesta gotilon.

Dalam acara pesta gotilon ini, Peran dan partisipasi dari semua warga jemaat menunjukkan prinsip dasar bahwa jemaat yakin dapat mandiri atau bahasa Batak-nya manjujung baringinna, untuk memenuhi tanggung jawab mewujudkan panca tugas gereja.

Adapun panca tugas gereja, adalah bersekutu, beribadah, bersaksi, menyelenggarakan edukasi, dan melayani. (GRS)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X