Ribuan Rumah di Kota Jambi Terendam Banjir

- Selasa, 16 Januari 2024, 06:30 PM

JAMBI, SJBNEWS.CO.ID - Bencana banjir di Provinsi Jambi terus meluas. Bahkan, kini banjir mulai menggenangi sebagain wilayah Kota Jambi. Sekitar kurang lebih 1.500 Kepala Keluarga  (KK) di Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi sudah terdampak banjir akibat luapan Sungai Batanghari.

Pantauan di lokasi, air sudah menggenangi area rumah warga. Rata-rata rumah di kawasan Legok ini berjenis panggung, sehingga air belum masuk ke dalam rumah warga.

"Saat ini berdasarkan pengukuran oleh Dinas Damkartan, ketinggian sungai Batanghari sudah diangka 14,76 meter," kata Lurah Legok, Rahmansyah, Senin (15/1/2024).

Menurut Rahmansyah, beberapa titik jalan di Legok sudah mulai terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 50 cm hingga 100 cm. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah tak bisa lewat.

"Terutama di depan kantor lurah juga jalannya sudah tergenang, sehingga kami terpaksa memindahkan pelayanan ke Posko Terpadu yang ada di dekat jembatan Pelangi, Pulau Pandan," katanya.

Rahmansyah mengatakan, sudah ada enam kepala keluarga yang diungsikan ke tempat yang lebih aman di rumah salah satu warga yang berada di Kampung Baru. 

"Sementara untuk rumah sudah ada 70 sampai 75 rumah yang terendam banjir. Untuk di depan kantor lurah itu ketinggian air sudah 1,20 meter. Sehingga untuk bisa ke kantor Lurah itu masyarakat membutuhkan perahu akan tetapi guna menunjang pelayanan yang lebih optimal, maka pelayanan sementara kami pindahkan ke Posko terpadu,".

"Untuk rumah-rumah yang sudah terendam kami minta listriknya untuk dipadamkan, supaya tidak membahayakan. Kalau untuk masyarakat yang rumahnya belum terendam listriknya masih menyala," ujarnya. (MC/grs)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X