Besok, Istri Walikota Se-Indonesia Akan Kumpul di Kota Jambi

- Selasa, 22 November 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Kota Jambi kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan event skala nasional di Indonesia.

Kali ini, penyelenggaraan pertemuan seluruh istri Wali Kota se- Indonesia akan terselenggara di Kota Jambi pada tanggal 23 hingga 25 November 2022 mendatang, berpusat di BW Luxury Hotel, Kota Jambi.

Adalah kegiatan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia, diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), bermitra bersama Pemerintah Kota Jambi sebagai tuan rumah penyelenggaraan event nasional tersebut.

Kegiatan yang turut diinisiasi oleh Kota Jambi itu, kali perdana terselenggara dimulai dari Kota Jambi.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha ungkapkan bahwa penyelenggaraan pertemuan kepala daerah biasa dilaksanakan selama ini, namun khusus istri kepala daerah, baru pertama kalinya diinisiasi oleh APEKSI.

Adapun latar belakang penyelenggaraan Sarasehan Para Istri Wali Kota se-Indonesia adalah karena para istri Wali Kota memiliki peran strategis sebagai mitra (support system) utama bagi para pemimpin di tingkat kota atau daerah masing-masing.

Diharapkan pula melalui forum dialog ini, peningkatan kapasitas, dan berbagi pengalaman dari berbagai daerah, isu-isu penting dan strategis, dapat diangkat dan dibagi secara luas ke seluruh daerah, seperti kiat sukses penguatan peran istri Wali Kota, penguatan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan keluarga, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif.

Kegiatan yang pertama kalinya digelar untuk para Istri Wali Kota seluruh Indonesia ini, akan diisi dengan beberapa agenda, seperti Sarasehan, Sharing Session, Talk Show, Perempuan Indonesia Expo, Promosi Seni dan Budaya, serta Promosi Produk Unggulan Daerah.

Adapun para peserta Sarasehan adalah Istri Wali Kota/Wakil Wali Kota selaku Ketua TP PKK Kota/Ketua Dekranasda Kota, Anggota TP PKK Kota/Dekranasda Kota, OPD terkait seperti Dinas/Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan, dan sebagainya, serta para pelaku UMKM dan swasta dari daerah masing-masing. (JEX)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X