Bupati Batanghari M.Arif Terima kunjungan dari ketua komisi informasi Provinsi Jambi

- Rabu, 20 Maret 2024, 02:52 AM

BATANGHARI, SJBNEWS.CO.ID - Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Ahmad Taufiq Helmi didampingi oleh Wakil Ketua Almunawwar dan Anggota Siti Masnidar menemui Bupati Batanghari Fadhil Arief pada Kamis (15/2/2024).

Kunjungan ini dalam rangka menyampaikan hasi Rekomendasi Movev Kategori Pemerintah Daerah Tahun 2023. Ikut mendampingi Kadis Kominfo Amir Hamzah dan Kabid Informasi & Komunikasi Publik Diskominfo.

Ahmad Taufiq Helmi menjelaskan maksud dari pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Pubik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi tahun 2023. Dimana untuk Rekomendasi kategori OPD Pemerintah Provinsi Jambi telah disampaikan ke Gubernur Jambi.

"Kami langsung menyampaikan Rekomendasi hasil Monev ke para bupati dan walikota tentu dengan harapan bisa membangun kesepahaman bagi Kepala Daerah dalam menyusun program- program atau rencana kerja keterbukaan informasi," Katanya.

Ini sebagaimana amanat UU No 14 Tahun 2014 Tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga pada pelaksanaan monev tahun 2024 nanti semakin banyak yang informatif.

ATH Menambahkan Pemkab Batang Hari di Tahun 2023 termasuk daerah dengan permohonan penyelesain sengketa informasi terbanyak. Baik yang ditujukan Pemdes maupun ke PPID Utama.

Sementara itu, Bupati Batang Hari M.Arif menyampaikan bahwa Pemkab Batang Hari akan segera menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan oleh KI ini serta Pemkab juga akan memasukan keterbukan informasi sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Anggarannya.

Seperti diketaui, hasil monev 2023, Ada 3 OPD di Pemprov Jambi yang informatif yaitu Dinas Sosialdukcapil, Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan, 3 lainya menuju dan cukup infor selebihnya tidak kurang & tidak informatif, sedangkan untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota ada 4 yang informatif yakni Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjabtim dan Kota Sungai Penuh. Menuju informatif ada Kabupaten Tebo, cukup informatif Merangin, Kerinci, Sarolangun selainnya kurang informatif Bungo, Batang Hari dan Tanjab Barat. (*)


Tags

Berita Terkait

X