Disiplin Penerapan Prokes di Jambi Menurun

- Selasa, 08 Februari 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Ahli Epidemiologi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Ummi Kalsum menjelaskan cara untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19 di Provinsi Jambi adalah dengan cara peningkatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan.

Dirinya menjelaskan saat ini kondisi disiplin prokes Provinsi Jambi menurun.

Data pada Maret 2021 lalu, tingkat kepatuhan prokes di Jambi berada di angka 97 persen.

"Angka ini terus menurun dengan diikuti kasus Covid-19 di Jambi juga turun. Pada Desember 2021 lalu angka ini turun menjadi 80 persen dan terakhir akhir Januari berada di angka 70 persen," ungkapnya.

Ia mengatakan untuk menghadapi gelombang ketiga yang diprediksi pada Februari ini menurutnya hanya dengan disiplin prokes.

Hal itu kata dia wajib dan mutlak untuk dilakukan. Terlebih semakin ke sini tingkat kepatuhan prokes di Jambi kian menurun.

"Harusnya kita belajar dari negara yang telah melalui gelombang ketiga duluanm, seperti negara di Eropa. Bahwa mereka naik kasusnya karena abai dengan prokes," ujarnya.

Menurutnya dari kacamata Epidemiologi jika penyakit itu ditularkan secara langsung maka akan banyak puncak penyebarannya.

"Covid-19 ini kan ditularkan secara langsung tentu ini puncak kasusnya tak hanya sekali saja. Namun akan berpeluang memiliki puncak kasus yang berulang," katanya.

Dirinya mengatakan, Provinsi Jambi harus menekan angka kematian. Jangan sampai tingginya kasus positif juga diikuti dengan jumlah kematian yang tinggi. (CR01)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X