Resmikan Gedung Gereja GBKP, Gubernur Al Haris Harap Tingkat Religius Jamaat Meningkat

- Ahad, 26 Mei 2024, 09:43 PM

JAMBI, SJBNEWS.CO.ID - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH meresmikan gedung Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) dengan harapan bisa meningkatkan tingkat religius jamaat untuk beribadah. Hal ini disampaikan Gubernur pada Pentahbisan dan Peresmian Gedung Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Jambi, bertempat di Gedung Gereja GBKP Kota Baru, Minggu (26/05/2024).

"Pada hari ini saya bisa hadir langsung meresmikan gereja Batak Karo Protestan yang telah dibangun kurang lebih 5 tahun dan telah siap dipakai untuk kita beribadah kedepannya. Oleh karena itu, kalaulah sudah ada gereja yang paling bagus seperti ini maka tidak ada alasan bagi Jamaat untuk tidak datang ke gereja," ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengatakan, bangunan gereja ini memiliki ornamen Angso Duo yang merupakan simbol Kota Jambi, artinya gereja ini memiliki prinsip "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung".

"Gereja ini menghormati simbol kebanggaan daerah kito yaitu Kota Jambi logo Angso Duo. Artinya GBKP ini berprinsip dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, ini merupakan sangat luar biasa. Tinggal lagi tugas kita hanya untuk menyatukan umat supaya tidak bisa terpecah belah," kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menuturkan, dalam pendirian/pembentukan negara patut bersyukur atas maha karya para pendiri bangsa, bahwa yang paling pertama dirumuskan oleh para pendiri bangsa adalah dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, dengan sila pertama Ketuhanan. Hal ini sesungguhnya sangat luar biasa, yang dirumuskan pertama dan paling utama bukan anggaran atau keuangan negara, tetapi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan makna filosofis yang sangat kuat, dan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut merupakan legacy (warisan) istimewa yang diperoleh.

"Negara kita Indonesia, dan daerah kita Provinsi Jambi terdiri dari masyarakat yang majemuk, dengan berbagai perbedaan, baik suku, agama, ras, daerah, budaya. Indonesia merupakan salah satu negara paling majemuk/plural di dunia," tutur Gubernur Al Haris.

"Saya berharap gunakanlah gereja ini dengan baik untuk beribadah, jangan nanti gereja sepi karena gereja ini sungguh indah dan bagus. Kedua, dengan semangat gotong royong, mari kita jaga dan rawat gereja ini dengan sebaik-baiknya," pungkas Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga menyerahkan bantuan CSR Bank Jambi sebesar 100 juta rupiah untuk kegunaan Gereja GBKP. (*) 


Tags

Berita Terkait

X