Shalat Jumat Perdana di Masjid Ar Roudhoh Kelurahan Jelutung

- Jumat, 14 Juli 2023, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAMBI. SJBNEWS.CO.ID - Hari ini Jumat 26 Dzul_Hijjah 1444H/ 14 Juli 2023M Masjid Ar Roudhoh Kelurahan Jelutung Melaksanakan shalat Jumat Perdana.

Dalam Sambutannya sebelum pelaksanaan Solat Jumat Ketua Masjid Ar Roudhoh Kelurahan Jelutung, H. Pamuji, S.Ag Menyampaikan : 

Shalat Jumat adalah shalat yang diselenggarakan oleh Muslim pria setiap hari Jumat menggantikan Shalat Zuhur. shalat jumat ini dihukumi wajib.

Dalam al-Qur'an, terdapat kewajiban salat Jumat

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.al Qur'an Al-Jumu’ah:9.

Shalat Jumat diselenggarakan dua rakaat menggantikan shalat Zuhur dan didahului dua khotbah, dan dilanjutkan dengan shalat dipimpin im?m. Khatib (pengkhotbah) umumnya merangkap sebagai imam.

Kehadirannya mayoritas Jemaah adalah pria dewasa yang mukim (tinggal menetap).

Jika azan dilakukan dua kali, muazin mengumandangkannya 15–20 menit sebelum shalat. Begitu khatib naik mimbar, azan kedua dikumandangkan.

Khotbah dilakukan dua kali; pada saat peralihan ke khotbah kedua, khatib duduk istirahat dalam beberapa detik sebelum menyampaikan khotbah kedua.

Khotbah pertama umumnya lebih panjang dan banyak memuat materi utama khotbah.

Khotbah kedua umumnya memuat intisari dari khotbah pertama, ditutup dengan bacaan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan ikamah. Ikamah akan menandai dimulainya Shalat Jumat.

Sebagai  Muadzin adalah Bapak Surani, sebagai Bilal adalah Bapak Awaluddin dan sebagai Imam dan Khatib Jumat adalah H. Muhammad Bafadhal.

Dalam Khutbahnya Khatib berpesan kepada Jemaah Masjid Ar Roudhoh untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Dalam khutbahnya khatib menyampaikan tentang hikmah haji Hikmah Menjalankan Ibadah Haji. Hikmah sendiri artinya adalah makna yang terkandung dari sebuah peristiwa.

Hikmah dapat berupa manfaat maupun hal positif yang didapat dari sebuah perilaku ibadah haji.

1. Diganjar surga

Rasullulah SAW menjelaskan hikmah haji dan umrah dalam beberapa hadisnya. Salah satunya saat beliau bersabda: “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (HR Bukhari dan Muslim).”

2. Menjawab panggilan Allah SWT

Meningkatkan keimanan karena telah menepati janji kepada Allah untuk datang ke Baitullah.

3. Amalan yang paling baik

“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya: ‘Amal apakah yang paling utama?’. Maka beliau menjawab: ‘Iman kepada Allah dan Rasul-Nya,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian apa?’. Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian apa?’. Beliau menjawab: ‘Haji yang mabrur’. (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah).”

4. Menghapus dosa

Hikmah haji selanjutnya adalah dapat menghapuskan dosa. Apabila seseorang melaksanakan ibadah haji maka dosa-dosa yang telah diperbuat akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat luar biasa dan menjadi hikmah ibadah haji yang sangat baik, mengingat manusia adalah tempatnya khilaf dan dosa. (PMJ/RED)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X