Tetap Waspada, Covid-19 Tidak Melemah

- Jumat, 03 Juni 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

JAKARTA , SJBNEWS.CO.ID - Berbeda dengan harapan dan anggapan masyarakat, riset menunjukkan virus Corona penyebab COVID-19 tidak melemah.

Hal ini disampaikan ahli epidemiologi Dicky Budiman, menurutnya alih-alih melemah, virus ini malah menguat dan menurunkan efikasi antibodi.

“SARS-CoV2 tidak melemah, bahkan menguat dan menurunkan efikasi antibodi. Vaksinasi, masker, dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) penting dijaga,” katanya melalui pesan singkat kepada Health Liputan6.com Senin (30/5/2022).

Ia menambahkan, rata-rata data menunjukkan kekebalan vaksin setelah dua dosis menurun di 4 sampai 6 bulan. Pada dosis ketiga, penurunannya lebih lambat.

“Namun, belum diketahui seberapa cepat (penurunannya) tapi yang jelas dibandingkan 2 dosis, yang 3 dosis itu lebih lambat sehingga semakin kuat arahnya bahwa vaksinasi penuh itu di 3 dosis.”

Pandemi belum berakhir dan virusnya tidak melemah, bahkan varian BA.4, BA.5 terdeteksi bisa menginfeksi lebih serius di paru, lanjutnya. Ada pula karakter dari BA.4 dan BA.2.12.1 yang bisa mereinfeksi walaupun sudah terinfeksi oleh varian Omicron dan sub-varian lainnya. Ini bisa serius dan menandakan bahwa situasi belum aman.

Vaksinasi tiga dosis menjadi sangat penting. Memang sekarang ada pelonggaran-pelonggaran, tapi perilaku hidup bersih sehat itu sudah harus menjadi budaya disertai perbaikan infrastruktur dan penguatan surveilans, dan deteksi harus kita perbaiki. (NET)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X