Tinjau Gereja Santo Paulus dan Gereja HKBP, Kapolres Pastikan Beri Pelayanan dan Pengamanan Optimal

- Selasa, 28 Desember 2021, 12:00 AM
Keterangan Foto

MUARA BUNGO , SJBNEWS.CO.ID- Tinjau Gereja Santo Paulus dan Gereja HKBP, Kapolres Pastikan Beri Pelayanan dan Pengamanan Optimal di Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Bungo Akbp Guntur Saputro memastikan akan memberikan pelayanan dan pengamanan yang maksimal dan optimal sepanjang perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal itu disampaikan Guntur saat meninjau langsung perayaan saat malam Misa Natal di Gereja Santo Paulus dan Gereja HKBP Muara Bungo, bersama dengan Forkopimda kabupaten Bungo, Jumat (24/12).

Selain memastikan penegakan protokol kesehatan di Gereja Santo Paulus dan Gereja HKBP, Kapolres dan rombongan juga melakukan pengecekan di Pos Pam dan Posyan yang tersebar di wilayah Kabupaten Bungo.

“Kemudian, kami juga dalam kesempatan ini, memastikan akan memberikan pelayanan dan pengamanan secara optimal,” kata Guntur usai mengecek penerapan prokes di Gereja HKBP.

Guntur menegaskan, personel TNI-Polri dan pihak terkait lainnya, akan terus bersinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang menjalani ibadah Natal serta Tahun Baru mendatang.

“Tentunya didukung oleh Pak Dandim dengan seluruh jajarannya, untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah perayaan Natal dan juga yang akan terus berjalan sampai Tahun Baru nanti, betul-betul berjalan aman lancar dan sukses,” ujar mantan Kapolres Tanjabbar tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga melakukan pengecekan langsung terhadap rangkaian protokol kesehatan yang diterapkan di Gereja Santo Paulus.

Mulai dari pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi hingga kapasitas jemaat yang pelaksanakan ibadah secara langsung.

Sigit juga langsung berdialog bersama perwakilan pihak Gereja terkait pengaturan protokol kesehatan para jemaat yang hadir secara langsung.

Setelah berbincang, Guntur pun mengikuti penerapan prokes, dengan melakukan cuci tangan sebelum memasuki dua gereja yang dikunjunginya.

“Melihat bagaimana pelaksanaan dalam hal menyelenggarakan rangkaian prokes mulai dari proses masuk kemudian penggunaan aplikasi PeduliLindungi sampai dengan pengaturan kegiatan di dalam Gereja.

Sebagaimana diatur bahwa saat ini dilaksanakan dengan kapasitas 50 persen dan sisanya dilaksanakan secara virtual,” ucap Kapolres.

Penguatan prokes, kata Guntur, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus aktif virus corona pasca-periode Natal dan Tahun Baru.

Mengingat, pada tahun sebelumnya, terjadi penambahan kasus Covid-19 usai masa libur akhir tahun tersebut.

Guntur menyatakan, hal itu harus dijadikan pembelajaran dan evaluasi agar hal yang serupa tidak kembali terulang. Dengan begitu, tren positif pengendalian Covid-19 yang dewasa ini sudah baik dapat dipertahankan meskipun usai Nataru.

“Tentunya ini semua harus dilakukan untuk menjaga agar Covid-19 yang saat ini telah kita kendalikan dan hasilnya cukup baik dimana Positivity Rate dibawah 1. Ini masih bisa kita pertahankan karena pengalaman di Nataru lalu terjadi peningkatan dua setengah kali lipat dan terus naik pada saat kemudian masuk di hari raya Idul Fitri. Tentunya ini jadi pembelajaran kita semua, walaupun angka Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Bungo sudah 70.08 %, kita saat ini sudah baik,” papar Guntur. (CR/HUM)


Tags

Berita Terkait

X