Wali Kota Fasha Serukan Gerakan Cegah Stunting di Kota Jambi

- Rabu, 31 Agustus 2022, 12:00 AM
Keterangan Foto

KOTA JAMBI , SJBNEWS.CO.ID - Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha tegaskan komitmennya untuk terus mengatasi permasalahan kasus stunting di Kota Jambi. Hal tersebut dikemukakannya saat sampaikan sambutan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Kota Jambi, Kamis (25/8), yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Jambi.

Wali Kota Jambi dua periode itu mengajak seluruh komponen masyarakat untuk dapat bergerak bersama dalam satu tujuan mencegah stunting di Kota Jambi.

Pada momentum peringatan Harganas kali ini, yang bertemakan "Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting’, Fasha berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk simbolis seremonial saja.

Namun sebagai langkah aksi kongkrit seluruh elemen yang dipandu oleh pemerintah “Aksi cegah stunting jangan hanya menjadi retorika dan wacana saja dalam setiap peringatan Harganas atau sejenisnya, tetapi harus ada tindakan nyata dari kita semua secara bersama.

Bukan hanya pemerintah saja, namun melibatkan banyak pihak, seluruh elemen masyarakat tentunya,” ungkap Fasha.

Ditambahkan Fasha, stunting merupakan ancaman nyata yang berakibat hilangnya satu generasi disuatu negara. Untuk itu, Wali Kota Jambi itu juga mengimbau semua pihak fokus pada upaya mencegah stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Kunci sukses dalam pencegahan stunting ialah pemenuhan gizi seimbang pada ibu hamil dan menyususi. Saya ingatkan lagi, kesempatan untuk mencegah stunting itu ada pada 1.000 HPK. Kunci sukses untuk tidak stunting, adalah gizi seimbang dan gizi seimbang itu tidak mahal,” jelas Fasha.

Menurutnya pula, program keluarga berencana yang dicanangkan pemerintah bukan hanya sekadar program pengendalian pertumbuhan penduduk semata. Tetapi juga sebagai program pengaturan kelahiran yang akan berdampak pada pola pengasuhan anak yang sehat dan manusiawi.

“Kita harus dapat mencegah stunting, menurunkan jumlah kematian ibu ketika melahirkan dan juga menurunkan jumlah kematian anak ketika dilahirkan atau saat masih usia balita. Ini adalah misi kemanusiaan yang mulia. Misi kemanusiaan yang hakiki dan wajib hukumnya untuk kita jalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga Fasha berharap, bahwa momentum peringatan Harganas Tingkat Kota Jambi dapat membuka pemahaman ditingkat keluarga terkecil dan seluruh masyarakat Kota Jambi pada umumnya, untuk dapat memberikan perhatian lebih terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga, terutama mengedepankan fungsi komunikasi dan interaksi yang harmonis antar anggota keluarga dalam mewujudkan ketahanan keluarga yang berkualitas.

Wali Kota Jambi dua periode itu juga menitipkan pesan khusus kepada Petugas Pengelola KB di Kota Jambi, agar dapat meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memiliki metodologi yang tepat untuk memberikan kepastian terhadap pemenuhan hak asasi manusia dalam keluarga, termasuk hak reproduksi dan hak bagi kaum perempuan untuk terbebas dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam rangkaian kegiatan peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 di Kota Jambi, turut pula diramaikan dengan berbagai pelayanan dibidang kesehatan reproduksi dan keluarga. Seperti pelayanan KB gratis, pelayanan IVA Test, donor darah, pemeriksaan kesehatan secara gratis, layanan vaksinasi Covid-19, hingga display stand bazzar UPPK-UMKM Kota Jambi. (DIS)


Tags

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru Lainnya

X